Diare dan Obatnya

Penyakit Diare dan Obatnya yang perlu anda ketahui untuk diare anak anda. Jangan heran bila bayi, balita, dan anak-anak kena diare. Mereka memang mudah terserang penyakit diare. Menghadapi hal ini sebaiknya orang tua sebaiknya bersikap tenang karena diare pada anak biasanya dapat sembuh sendiri. Yang harus dijaga adalah jangan sampai anak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan).

Bayi dan balita yang diare membutuhkan lebih banyak cairan, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang melalui tinja dan muntah. Pemberian cairan yang tepat dalam jumlah memadai, merupakan modal utama untuk mencegah dehidrasi. Cairan harus diberikan sedikit demi sedikit, dengan frekuensi sesering mungkin.

Diare dan Obatnya 

Cairan dehidrasi oral, yang bisa disebut oralit, merupakan salah satu cairan pilihan untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi. Oralit sudah dilengkapi dengan elektrolit, sehingga dapat mengganti elektrolit yang ikut hilang bersama cairan. Jika oralit tidak tersedia, sup atau air biasa lumayan efektif sebagai upaya rehidrasi oral untuk mencegah dehidrasi.

Selain memberikan cairan, ASI maupun makanan pendamping ASI harus tetap diberikan agar anak tidak kekurangan gizi hingga pertumbuhannya terganggu. Sebaliknya, larutan yang hiperosmoler karena kandungan gulanya tinggi jangan diberikan. Misalnya, teh yang sangat manis, soft drink dan minuman buah dalam kaleng yang manis.

Orang tua harus tau tanda-tanda memburuknya diare. Bawa anak ke fasilitas layanan kesehatan atau dokter, jika kondisi anak tidak membaik dalam tiga hari atau buang air besar (BAB) cair bertambah sering, muntah berulang-ulang, makan atau minum sedikit, demam dan tinja anak berdarah.

Untuk penyakit diare dan obatnya, saat ini pasien sering diberi probiotik yang dicampurkan dalam cairan atau makanan anak. Tujuan pemberian probiotik adalah untuk memperbanyak kuman baik sehingga dapat mempersingkat episode diare.

Pemberian obat diare pada anak sebaiknya memang jangan sembarangan karena dapat beresiko menimbulkan efek sampingyang cukup berbahaya. resiko tersebut dapat berupa mual, muntah, bahkan yang cukup berat timbul ileus paralitik (gangguan pada usus) yang dapat berakibat sangat fatal, bahkan tidak jarang membutuhkan pembedahan.

Diare dan Obatnya  lainnya yang dapat anda berikan untuk anak anda adalah ramuan dari beras ketan yang dapat anda gunakan untuk menangani diare pada anak anda. Siapkan 100 gram beras ketan dan 1 ruas jari kunyit. Goreng tanpa minyak atau sangrai beras ketan yang sudah anda sediakan hingga hangus, lalu haluskan. Kemudian bakar kunyit hingga hangus dan masukkan dalam beras ketan yang sudah anda haluskan untuk dihaluskan semua. Ambil satu sendok makan beras ketan yang sudah anda haluska dan seduh dengan air panas. Dengan penggunaan 1 sendok makan ini dapat anda gunakan untuk 3 kali sehari.

Beri minum air putih untuk anak anda sebanyak mungkin untk menggantikan cairan tubuh anak anda yang hilang. Karena saat anak terserang diare semua cairan tubuh akan keluar bersama dengan kotoran yang ia keluarkan. Hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh anak anda menjadi lemas dan lesu. Selain dengan menggunakan air putih, anda juga dapat memberikan larutan oralit untuk menghentikan diare anak anda.

Jangan berikan pada anak anda makanan yang berserat, sebab mengkonsumsi makanan yang lembek atau buah yang berserat justru akan membuat diare anak anda semakin parah. Apabila anak anda suka mengkonsumsi buah, anda dapat memberikan buah salak untuknya karena buah ini dapat membantu membuat tinja anak anda tidak cair atau encer lagi.

Diare dan obatnya yang dapat anda berikan untuk anak anda adalah dengan yogurt karena mengandung bakteri sehat yang mampu membantu anda untuk menyehatkan pencernaan anak anda. Namun, jangan berikan olahan dari susu lainnya selain yogurt ini karena akan memperburuk keadaan anak anda.

Gejala Penyakit Diare

Setiap penyakit yang diderita manusia pasti memiliki gejala diare dan obatnya yang berbeda-beda sehingga kita dapat mengetahui jenis penyakit yang menyerang tubuh dari gejalanya. Beberapa gejala penyakit diare yang sering terjadi pada penderita yaitu antara lain:

  • anak ering buang air besar dengan tinja yang dikeluarkan encer
  • anak akan mengalami dehidrasi karena terus-terusan buang air besar
  • merasa mual dan ingin muntah
  • mengalami demam
  • badan anak terlihat letih dan lesu
  • apabila anda sering perhatikan perut anak anda akan sering berbunyi
  • Nyeri pada punggung yang bisa diungkapkan oleh orang dewasa.

Penyebab Penyakit Diare

Setiap penyakit memiliki gejala yang berbeda dan tentunya dengan sebab yang berbeda pula. Penyebab penyakit diare berikut ini mungkin dapat membantu anda untuk melakukan pencegahan penyakit diare dan obatnya sudah anda siapkan untuk anak anda seperti :

  • Adanya infeksi dari virus dalam tubuh anak anda, bakteri dan parasit yang berasal dari makanan dan minuman yang dalam tubuh anak anda yang sudah tercemar atau kotor.
  • Seperti infeksi penyakit lain yang ada didalam tubuh anak anda dan mungkin sedang diderita oleh anak anda, seperti radang tenggorokan dan infeksi telinga.
  • Alergi terhadap makanan atau obat-obatan tertentu yang dikonsumsinya.
  • Akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi pemanis buatan yang biasanya terdapat pada jajanan yang sering anda berikan untuknya.

=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Diare Untuk Membantu Mengatasi Diare, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Diare and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *