Penyakit Diare

Penyakit Diare atau diarrhea adalah sebuah penyakit dimana penderita akan mengalami rangsangan buang air besar yang terus menerus dengan tinja atau fases yang masih memiliki kandungan air berlebihan.

Penyebab Penyakit Diare

Diare bisa disebabkan karena gijal dari luka, penyakit alergi terhadap gula fruktosa atau laktosa, memakan makanan yang asam, pedas, atau bersantan secara berlebihan , kelebihan vitamin C, atau karena infeksi bakteri seperti Escherichia coli, Salmonella, dan Vibrio cholera.

Penyakit diare ini juga dapat disebabkan dari beberapa faktor seperti :

Faktor Infeksi.

  1. Infeksi internal, yaitu infeksi yang terjadi pada saluran pencernaan yang merupakan penyebab utama dari penyakit yang menyerang anda yaitu diare.
  2. Infeksi bakteri, infeksi pada tubuh yang diakibatkan dari adanya bakteri seperti Vibrio coma, Echeseria coli, Salmonella, Shigella, Compilobacter, Yersenia dan Acromonas.
  3. Infeksi virus, Virus yang mungkin menjadi penyebab dari diare seperti Entero virus (Virus echo, Coxechasi dan Poliomyelitis), Adeno virus, Rota virus dan Astrovirus.
  4.   Infeksi parasit : Cacing, protozoa dan jamur.
  5. Infeksi parental, yaitu infeksi dibagian tubuh lain diluar alat pencernaan, seperti otitis media akut, tonsilopharingitis dan sebagainya. Keadaan ini terutama pada bayi dan anak dibawah 2 tahun

Bukan Faktor Infeksi

  1. Alergi makanan seperti susu dan protein dan makanan yang lainnya.
  2. Gangguan metabolik atau malabsorbsi
  3. Iritasi langsung yang mungkin terjadi pada saluran pencernaan oleh makanan
  4. Obat-obatan seperti antibiotik atau obat yang lainnya
  5. Penyakit usus seperti colitis ulserative, crohn disease dan enterocolitis
  6. Faktor psikologis rasa takut dan cemas yang anda rasakan juga dapat menjadi salah satu penyebab dari penyakit ini.
  7. Obstruksi usus
  8. Kurang gizi

Gajala Penyakit Diare

Beberapa gejala penyakit diare dapat langsung dikenali atau dirasakan oleh penderita. Di antara gejala tersebut.

Gejala diare :
1. Sakit perut
2. Seringkali mual dan muntah
3. Buang air besar terus menerus
4. Nafsu makan berkurang
5. Demam tinggi
6. Terkadang ada darah dalam tinja atau feses
7. Gejala lainnya dapat timbul seperti pegal pada punggung, dan perut berbunyi.

Jenis Penyakit Diare

Berdasarkan dari jenisnya, diare dibagi menjadi :

  1. Diare akut, yaitu diare yang menyerang anda dan biasanya berlangsung kurang dari 14 hari dan yang paling umumnya kurang dari hari). Akibat yang akan muncul dari diare akut ini adalah dehidrasi, sedangkan dehidrasi merupakan penyebab utama kematian bagi penderita diare.
  2. Diare persisten atau diare yang sudah kronis, yaitu diare yang biasanya akan berlangsung selama lebih dari 14 hari dan terjadi secara terus menerus. Akibat dari diare persisten ini penderita akan mengalami penurunan berat badan dan gangguan metabolisme tubuhnya.
  3. Diare Desentri, yaitu diare yang disertai darah yang bercampur dalam tinja yang dikeluarkannya. Akibat dari disentri ini adalah penderita akan mengalamu anoreksia, penurunan berat badan dengan cepat, kemungkinan terjadi komplikasi pada mukosa.
  4. Diare yang anda alami dengan masalah (diare akut dan diare persisten) yang mungkin juga disertai dengan adanya penyakit lain dalam tubuh anda, seperti : demam, gangguan gizi atau penyakit lainnya

Pengobatan Penyakit Diare

Diare dapat diatasi dengan mengkonsumsi sejumlah air yang mencukupiuntuk menggantikan yang hilang, lebih baik dicampur dengan garam dan gula, bisa juga minum oralit, atau minum obat pencegah diare .

Pengobatan yang lainnya yang dapat anda gunakan adalah dengan bahan-bahannya adalah siapkan minyak kelapa satu sendok makan, lada enam butir, dan daun sirih 4-6 lembar. Cara membuat obat itu adalah semua bahan-bahan yang sudah disediakan ditumbuk hingga halus. Digunakan untuk diusapkan dibagian perut. Lakukan hal yang sama apabila masih dibutuhkan.

Resep berikutnya adalah bahan-bahan yang harus di siapkan seperti dua buah manggis matang diambil kulitnya, air 3 gelas, madu secukupnya. Cara membuat ramuan untuk mengobati diare adalah kulit buah manggis dicuci hingga bersih, lalu diiris-iris. Setelah itu, kulit buah manggis direbus dengan 3 gelas air bersih dan tunggu sampai mendidih dan biarkan airnya menjadi setengahnya. Sesudah dingin, airnya disaring serta masukkan madu kedalamnya. Dikonsumsi sehari dua kali, sekali minum ¼ gelas.

Pencegahan Penyakit Diare

Banyak cara untuk mencegah datangnya penyakit diare ini, diantaranya adalah :

  1. Menjaga kebersihan lingkungan terutama pada air yang setiap harinya anda pakai untuk semua kebutuhan rumah tangga seperti memasak, mandi, dll.
  2. Jangan makan sembarangan apalagi memakan makanan yang tercemar bakteri yang bisa menyebabkan diare dapat menyerang tubuh anda
  3. Hindari makan makanan yang terlalu pedas dan asam dan bersantan dalam waktu yang bersamaan.
  4. Menjaga kondisi rubuh dengan olahraga dan minum air 8-12 kali sehari serta istirahat yang cukup.
  5. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan, sesudah buang air besar.
  6. Sebaiknya untuk ibu yang masih menyusui, berikan ASI pada bayinya setiap hari. ASI eksklusif sangat berguna sebagai antibodi pada tubuh bayi karena didalam ASI terkandung enzim-enzim pencernaan yang diperlukan oleh pencernaan bayi sehingga bila besar nanti, bayi anda akan memiliki daya tahan tubuh yang baik.
  7. Mencuci botol susu anak dengan baik dan benar apabila anak anda masih menggunakan botol susu agar kuman yang ada di dalam botol susu tersebut tidak masuk ke dalam tubuh.
  8. Membersihkan bahan-bahan makanan dengar air bersih.

Penyakit Diare


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Diare Untuk Membantu Mengatasi Diare, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Diare and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>